top of page

News & Events

Public·39 members

Daftar Tr Npn Atau Pnp


Daftar Tr Npn Atau Pnp




Transistor adalah komponen elektronika yang berfungsi sebagai penguat arus dan switch elektronik. Transistor terdiri dari tiga kaki, yaitu emitor, basis, dan kolektor. Ada dua jenis transistor yang umum digunakan, yaitu transistor NPN dan transistor PNP. Apa perbedaan antara keduanya? Bagaimana cara mengidentifikasi dan menggunakan transistor NPN dan PNP? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.


Download Zip: https://suseqmoenu.blogspot.com/?li=2w39QO


Perbedaan Transistor NPN dan PNP




Perbedaan utama antara transistor NPN dan PNP adalah polaritas arus yang mengalir di dalamnya. Pada transistor NPN, arus akan mengalir dari kolektor ke emitor jika basis diberi tegangan positif. Sedangkan pada transistor PNP, arus akan mengalir dari emitor ke kolektor jika basis diberi tegangan negatif. Gambar 1 menunjukkan simbol dan arah arus pada transistor NPN dan PNP.



Gambar 1: Simbol dan arah arus pada transistor NPN dan PNP


Perbedaan lainnya adalah pada konfigurasi rangkaian yang menggunakan transistor NPN dan PNP. Pada rangkaian dengan transistor NPN, biasanya kaki kolektor dihubungkan dengan sumber tegangan positif, sedangkan kaki emitor dihubungkan dengan sumber tegangan negatif atau ground. Sebaliknya, pada rangkaian dengan transistor PNP, biasanya kaki emitor dihubungkan dengan sumber tegangan positif, sedangkan kaki kolektor dihubungkan dengan sumber tegangan negatif atau ground. Gambar 2 menunjukkan contoh rangkaian dengan transistor NPN dan PNP.



Gambar 2: Contoh rangkaian dengan transistor NPN dan PNP


Cara Mengidentifikasi Transistor NPN dan PNP




Untuk mengidentifikasi apakah sebuah transistor adalah NPN atau PNP, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan multimeter digital. Berikut adalah langkah-langkahnya:



  • Atur multimeter ke mode pengukuran dioda.



  • Identifikasi kaki-kaki transistor berdasarkan nomor atau huruf yang tertera pada kemasannya. Biasanya, kaki emitor ditandai dengan E, kaki basis ditandai dengan B, dan kaki kolektor ditandai dengan C.



  • Sambungkan ujung merah multimeter ke kaki basis, dan ujung hitam multimeter ke kaki emitor. Catat nilai yang ditunjukkan oleh multimeter.



  • Sambungkan ujung merah multimeter ke kaki basis, dan ujung hitam multimeter ke kaki kolektor. Catat nilai yang ditunjukkan oleh multimeter.



  • Bandingkan nilai-nilai yang didapat. Jika nilai yang didapat ketika ujung hitam multimeter disambungkan ke kaki emitor lebih besar daripada nilai yang didapat ketika ujung hitam multimeter disambungkan ke kaki kolektor, maka transistor tersebut adalah NPN. Sebaliknya, jika nilai yang didapat ketika ujung hitam multimeter disambungkan ke kaki emitor lebih kecil daripada nilai yang didapat ketika ujung hitam multimeter disambungkan ke kaki kolektor, maka transistor tersebut adalah PNP.




Cara lain untuk mengidentifikasi transistor NPN dan PNP adalah dengan melihat kode atau nomor seri yang tertera pada kemasannya. Biasanya, kode atau nomor seri tersebut mengikuti standar internasional seperti JEDEC atau Pro Electron. Berikut adalah beberapa contoh kode atau nomor seri untuk transistor NPN dan PNP:



  • Transistor NPN: 2N2222, 2N3904, BC547, BC548, S8050, S9013, dll.



  • Transistor PNP: 2N2907, 2N3906, BC557, BC558, S8550, S9012, dll.




Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa melihat daftar transistor NPN dan PNP di [sini] atau [sini].


Kesimpulan




Transistor NPN dan PNP adalah dua jenis transistor yang berbeda dalam hal polaritas arus yang mengalir di dalamnya. Transistor NPN membutuhkan tegangan positif pada basis untuk mengalirkan arus dari kolektor ke emitor. Transistor PNP membutuhkan tegangan negatif pada basis untuk mengalirkan arus dari emitor ke kolektor. Untuk mengidentifikasi transistor NPN dan PNP, bisa menggunakan multimeter digital atau melihat kode atau nomor seri yang tertera pada kemasannya.


Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...

Members

bottom of page